Penyebab Wasir atau Ambeien

Penyebab Wasir atau AmbeienWasir merupakan penyakit yang bisa diderita oleh semua orang, laki-laki maupun perempuan. Sebagai penyakit yang menimbulkan masalah bagi penderitanya, wasir diderita sama bapaknya pada laki-laki dan perempuan dan sedikit meningkat pada wanita yang sedang mengandung dan akan melahirkan. Prevalensinya meningkat antara usia 45 dan 65 tahun. Hampir semua orang dewasa pernah menderita wasir.

Penyebab Wasir atau Ambeien

Penyebab Wasir atau Ambeien

Wasir dapat digambarkan sebagai gumpalan-gumpalan jaringan dalam saluran anal yang berisi pembuluh darah dan jaringan penunjang yang ada disekelilingnya yang terdiri atas otot dan serat elastik. Saluran anal adalah terusan yang panjangnya 4cm yang dilewaati feses dari rektum ke dunia luar. Anus adalah lubang saluran anal ke dunia luar. Kebanyakan orang beranggapan wasir adalah penyakit abnormal, padahal hampir setiap orang memiliki wasir. Wasir dapat dianggap sebagai penyakit, bila gumpalan-gumpalan itu mmebesar dan menyebabkan masalah bagi penderitanya.

Salah satu penyebab wasir atau ambeien adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Wasir bisa dihindari dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna dan banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah.

Penyakit wasir atau penyakit ambeien ini terjadi karena penyebab wasir atau ambeien salah satunya adalah karena susah buang air besar yang membuat kita mengejan terlalu kuat saat sedang BAB. Dan penyebab wasir atau ambeien yang lainnya adalah kehamilan karena tekanan berlebih pada rahim serta akibat dari perubahan hormon di dalam tubuh. Duduk atau berdiri terlalu lama juga bisa menjadi salah satu penyebab wasir atau ambeien. Dan untuk wanita yang sering memakai sepatu hal tinggi bisa menyebabkan wanita sering mengalami varises dan ambeien akibat dari pelebaran pada pembuluh darah balik atau vena misalnya adalah disaat sedang menstruasi atau haid.

Penyakit wasir merupakan suatu keadaan terjadinya gangguan pada bibir anus atau yang biasa disebut dengan sphincter anus. Disaaat ambeien atau wasir menyerang, maka anus biasanya akan mengalami suatu pembengkakan yang kadang juga disertai dengan pendarahan. Dan untuk beberapa kasus, penyakit wasir atau ambeien biasanya disebabkan oleh kesalahan saat melakukan aktivitas tertentu, salah satunya adalah kesalahan saat berolahraga misalnya adalah olahraga angkat beban dan pernafasan, serta juga terlalu lama saat duduk atau berdiri.

Cara yang palings ederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi wasir adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jika penyakit wasir atau ambeien ini dibiarkan saja dan tidak diatasi dengan baik, maka penyakit ini akan berdampak buruk dan menjadi semakin parah. Lama-kelamaan wasir akan mengalami pendarahan apalagi disaat sedang buang air besar. Dalam feses biasanya akan bercampur dengan darah atau akan keluar bercak darah. Dan lama kelammaan wasir akan menyebabkan penderitanya mengalami anemia.

Wasir lanjutan bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan dan akan menimbulkan rasa nyeri di permukaan akibat dari suatu geseskan atau jika di dalamnya mengalami pembentukan darah akibat dari wasir. Wasir yang menonjol keluar harus dimasukkan dengan tangan. Jika benjolan ini sudah permanen, maka tindakan yang harus dilakukan adalah tindakan operasi atau pembedahan.

Penyakit wasir terbagi menjadi dua jenis yakni wasir internal dan wasir eksternal. Untuk penyakit wasir internal biasanya terjadi pembengkakan di dalam anus aau rektum. Untuk penyakit wasir internal kita tidak bisa melihat dengan mata dan meraba dengan tangan. pemvengkakan pada jenis penyakit wasir ini tidak akan menimbulkan rasa sakit pada penderitanya karena saraf yang ada di dalam rektum sedikit.

Sedangkan penyakit wasir eksternal adalah penyakit wasir yang ditandai dengan gejala rasa sakit, perih, gatal, dan jga keluarnya benjolan atau tonjolan. Jika benjolan atau tonjolan ini keluar akibat feses, maka ambeien atau wasir bisa menimbulkan terjadinya penggumpalan atau trombosis yang akan menyebabkan wasir berwarna biru-keunguan.

Untuk kasus wasir yang ditandai dengan terjadinya trombosis maka pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan mengendalikan dan juga mengurangi rasa sakitnya. Jika pasien yang mengalami masalah trombosis atau sedang mengalami rasa sakit maka segera hubungi dokter. Pembekuan pada gumpalan darah ini bisa diangkat dengan pembedahan atau operasi ringan. Bekuan darah yang terangkat akan membuat Anda menjadi terasa lebih enteng.

Jika pasien baru beberapa hari mengunjungi dokter dari beberapa haru terjadinya trombosis, maka bekuan darah masih bisa diserap oleh sebagian tubuh. Pengobatan yang perlu dilakukan adalah memberikan obat untuk menghilangkan gejala yang muncul. Ddan dalam hal ini operasi untuk mengangkat ambeien atau wasir tidak diperlukan. Untuk kasus-kasus tertentu, maka trombosis bisa menimbulkan suatu infeksi atau menunjukkan suatuu infeksi. Jika memang terjadi demikian, maka sangat dianjurkan untuk melakukan operasi guna mencegah terjadinya infeksi sekunder dari anus.

Itulah informasi mengenai penyebab wasir atau ambeien, semoga bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Wasir atau Ambeien


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Wasir and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *