Penyebab Penyakit Wasir

Penyebab Penyakit Wasir – Penyakit wasir dikenal juga sebagai hemoroid ini biasanya ditandai dengan rasa gatal di anus  serta kesulitan buang air besar. Hal ini disebabkan oleh pelebaran atau pembesaran pembuluh vena di daerah  poros usus atau disekitar dubur akibat tekanan yang terus menerus karena sering duduk terlalu lama, kegemukan, atau tekanan mental. Mereka yang menghabiskan waktu seharian dengan duduk lama harus waspada. Terlebih lagi kalau mereka ini hanya mengonsumsi sedikit air dan sayuran. Bukan apa-apa, kalangan inilah yang berpotensi besar terserang penyakit wasir atau ambeien.  Penyebab penyakit wasir ini adalah memaksakan buang air besar.

Hampir 70 persen manusia dewasa mempunyai wasir, baik wasir dalam, wasir luar maupun keduanya. Namun tidak semua penderita wasir ini memerlukan pengobatan. Hanya sebagian kecil saja yang memerlukan pertolongan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Penyebab penyakit wasir  yang sebenarnya sederhana, adalah saat buang air besar dipaksakan mengeluarkan kotoran. Penyebab susah buang air ini  adalah kurang minum, kurang  makan serat, kurang olahraga atau banyak duduk dan mengangkat yang berat-berat.

 Penyebab Penyakit Wasir

Penyebab Penyakit Wasir

Penyebab wasir bisa dikarenakan akibat faktor usia lanjut yang menyebakan jaringan yang mendukung pembuluh darah pada rektum dan juga anus mengalami kelemahan dan terjadi suatu peregangan dengan terjadinya penuaan. Pada usia 50 tahunan, disekitar setengah dan juga orang dewasa harus mengalami rasa gata, selain itu rasa tidak nyaman dan juga pendarahan saat sedang buang air besar, yang bisa menjadi salah satu gejala penyakit wasir.

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab wasir yang lebih sering menyerang mereka yang berusia lebih muda. Faktor penyebab wasir akibat kurangnya asupan makanan yang mengandung serat, kurang minum air putih 2 liter dalam sehari, dan akibat faktor pekerjaan, kurang cairan, terlalu lama di dalam toilet.

Penyebab wasir akibat terlalu lama di dalam toilet akibat peningkatan yang terjadi pada tekanan pembuluh darah di hemoroid. Mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar, atau juga karena pekerjaan yang harus menuntut Anda untuk mengejan terlalu kuat seperti olahraga angkat besi juga akan memicu terjadinya gejala wasir. Kehamilan merupakan salah satu penyebab wasir, namun hal ini merupakan hal yang wajar terjadi. Wasir pada kehamilan disebabkan karena perubahan pada hromonal dan terjadinya penekanan rahim yang membesar, yang bisa meningkatkan terjadinya tekanan pada pembuluh darah hemoroid.

Inilah penyebab wasir secara umum :

  1. Mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar
  2. Duduk terlalu lama di toilet
  3. Diare menahun dan semeblit
  4. Kegemukan
  5. Kehamilan
  6. Hubungan seksual tidak lazim
  7. Kurang asupan makanan berserat.

Solusi penyebab penyakit wasir ini sebenarnya cukup mudah, yakni mengubah pola hidup. Bagi mereka yang dalam profesinya banyak duduk seperti sekretaris atau supir disarankan melakukan gerakan-gerakan lain, bukan hanya duduk saja. Karena itu, waktu istirahat alias coffe break sangat penting dimanfaatkan.

  1. Bagi pasien penderita wasir, perlu diberikan makanan serat ekstra. Konsumsi air minum sedikitnya dua liter atau delapan gelas sehari. Ditambah menu makanan yang kaya serat seperti sereal dan umbi dari beras tumbuk, beras merah, ketan hitam, gandum, havermut, jagung, ubi dan singkong. Sumber serat lain adalah kacang-kacangan,sayuran hijau, buah-buahan yang dimakan bersama kulitnya dan jelly atau agar-agar.
  2. Jangan menunda-nunda rasa ingin buang air besar untuk menghindari kotoran menjadi kering dan keras.
  3. Jaga keseimbangan berat badan dan jagalah selalu kebersihan didaerah pribadi Anda
  4. Jangan duduk terlalu lama untuk menghindari terhambatnya aliran darah ke daerah anus.

Oleh karena itu, penanganan wasir  diupayakan untuk mempertahankan fungsi jaringan hemoroid serta mengembalikan jaringan ke posisi semula lewat procedure for prolapsed and hemorrhoids (PPH).

Prosedur yang terhitung baru karena baru dikembangkan sekitar 1990-an ini9 dilakukan dengan mendorong jaringan hemoroid yang merosot kea rah atas dan dijahitkan ke selaput lendir dinding anus. Kemudian, sebuah gelang daru bahan titanium diselipkan di jahitan dan ditanamkan di bagian atas saluran anus untuk mengokohkan posisi jaringan hemoroid tersebut.

Keuntungan penanganan dengan PPH, nyeri minimal karena tindakan dilakukan di luar bagian  sensitive, tindakan berlangsung,  cepat sekitar 12-45 menit, pasien pulih lebih cepat sehingga rawat inap dirumah sakit lebih singkat. Penyulit pada PPH dan  operasi konvensional tidak jauh berbeda. Tetap ada kemungkinan terjadi pendarahan, pembekuan darah (trombosisi), serta penyempitan saluran anus.

Tindakan PPH tidak disarankan kepada pasien yang mengalami fistula anus (lubang dengan saluran yang menghubungkan usus dengan kulit sekitar dubur), bengkaka, gangrene,  penyempitan anus, prolapse jaringan hemoroid yang tebal, serta pasien dengan gangguan koagulasi.

 Penyebab Penyakit Wasir


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Wasir and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *