Pencegahan Penyebab Wasir

Secara umum wasir dapat dikurangi dengan pencegahan penyebab wasir. Secara sederhana ini misalnya dapat dilakukan dengan mengurangi mengejan dengan berak teratur, makan makanan berserat, cukup minum. Berjalan-jalan ataupun olahraga ringan juga akan melancarkan aliran darah. Perlu dipahami sejak awal bahwa hasil tindakan pengobatan untuk wasir mungkin sekali tidak sama pada penderita satu dan lainnya. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa diet dengan banyak memakan makanan yang banyak berserat sangat bermanfaat bagi semua pengidap wasir. Serat makanan itu akan memperbaiki gerakan usus besar, menjadikan pemakainya lebih mudah jika berak, mengurangi mengejan. Serat ini banyak terdapat pada sayur, buah, dan padi-padian (misaklnya bekatul); bahkan ada juga perusahaan farmasi yang menyiapkannya dala, bentuk serbuk yang tinggal menuangi air lalu diminum.

Pencegahan Penyebab Wasir

Pencegahan Penyebab Wasir

Biasanya pencegahan penyebab wasir tidaklah membutuhkan pengobatan kecuali bila membesar dan menimbulkan gejala wasir. Berbagai obat pelunak tinja dapat digunakan untuk melancarkan berak atau buang air besar. Obat antiradang digunakan untuk mengurangi reaksi setempat dan nyeri yang ada. Obat-obat ini ada yang diminum juga yang berupa salep atau krim untuk dioleskan di tempat yang sakit, ataupun yang berbentuk peluru yang harus dimasukkan ke dalam dubur sesudah buang air besar. Salep atau krim itu merupakan pengobatan sementara, yaitu untuk memudahkan dan mengurangi rasa sakit nyeri ketika wasir harus ditekan dan didorong untuk masuk kembalo ke dalam dubur sudah menonojol keluar. Jika obat-obat itu tak menolong lagi, mungkin perlu tindakan operasi.

Sebenarnya jika kita melakukan pencegahan penyebab wasir, maka operasi tidak perlu dilakukan. Operasi tersebut ada yang memotong untuk membuang wasir itu ataupun membuntu aliran darah ke jaringan wasir itu agar wasir itu rusak, “mati”, lalu “protol”, lepas. Untuk upaya ini ada yang dengan mengikat pembuluh darah di dekatnya, ada juga yang dengan memanaskannya (cauterization, photocoagulation) ataupun dengan sclerotherapy (suntikan); teknologinya berkembang terus. Sinshe biasanya menggunakan bahan kimia sebagai “perusaknya”. Mana yang digunakan tergantung pada keadaan penderita, parah atau tidaknya wasir, serta di mana dan siapa yang melakukannya. Tindakan pembedahan merupakan tindakan yangdengan hasil pasti, yaitu cepat terbuangnya bagian yang mengganggu itu, terlepas dari adanya kemungkinan kambuh jika penyebabnya masih ada.

Berbagai tanaman obat yang disebutkan menolong dan Pencegahan Penyebab Wasir penderita wasir: yang cukup terkenal adalah daun ungu yang juga dikenal dengan nama lain, misalnya demung, tulak, wungu (Jawa); daun temen-temen, handeuleum (Sunda), temen (Bali); karotong (Madura), daun putri, dongora (Ambon); kobi-kobi (Ternate).

Pencegahan penyebab wasir dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang baik. Pola hidup yang baik untuk mencegah penyebab wasir muncul adalah :

  1. Melakukan diet seimbang dan diet sehat dengan asupan makanan yang mengandung serat. Hal ini bertujuan untuk membantu menghindari sembelit karena jika sembelit sudah menyerang Anda maka akan membuka resiko peluang terjadinya wasir ambeien. Sembelit bisa menyebabkan terjadinya iritasi serta peradangan pada lubang anus karena tinja yang keras yang keluar dari anus.
  2. Meningkatkan asupan cairan. Caranya adalah dengan minum air putih secukupnya. Namun, hindari jenis minuman yang mengandung kafein dan alkohol dengan berlebihan.
  3. Menjaga kebersihan disekitar anus Anda, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi.
  4. Mengatur pola makan dengan sebaik mungkin.
  5. Jangan duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama.
  6. Makanlah buah-buahan dan juga sayuran.
  7. Hindari jenis makanan yang pedas dan berlemak.

Selain dengan cara diatas, pencegahan penyebab wasir juga bisa dilakukan dengan makan buah-buahan dan juga sayuran yang mengandung banyak serat. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut adalah :

  1. Cairan atau mineral air putih diminum 2 liter dalam sehari
  2. Sereal : makanan seperti beras, jagung, gandum, roti, dan juga yang lainnya
  3. Kacang-kacangan : kacang polong, buncis, kacang-kacangan dan juga kedelai dan lainnya.
  4. Buah : apel, strawberry, pisang, pir, jeruk, dan makanan ain.
  5. Sayuran : wortel, bayam dan lainnya.

Penyakit wasir merupakan penyakit yang disebabkan karena tumpukan dari peradangan yang terjadi pada pembuluh darah kecil yang letaknya pada anus atau rektum yang biasa disebut dengan istilah vena hemoroid. Kemudian mengalami pembengkakan akibat dari berbagai faktor pemicu, darah tidak bisa mengalir dengan baik dan menjadi menumpuk di dalam pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya pelebaran. Dan hal ini kemudian mengakibatkan rasa sakit yang akan membuat Anda menjadi sulit dan tidak nyaman saat sedang duduk. Ibu yaang sedang hamil juga rawan mengalami penyakit ambeien atau penyakit wasir. Maka cara yang paling sederhana adalah dengan memperbaiki pola hidup atau gaya hidup Anda.

Itulah tips untuk mencegah terjadinya penyebab wasir secara alami.

Pencegahan Penyebab Wasir


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Wasir and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *